Advertorial

Meski Sudah Akhir Tahun Kutim Tetap Revitalisasi TPA Batota

KUTAI TIMUR- Guna menciptakan lingkungan yang bersih dan mengurangi pencemaran lingkungan akibat pembuangan sampah, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui dinas lingkungan hidup berencana akan melakukan revitalisasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Batuta agar bisa menampung sampah yang dibuang masyarakat kota Sangatta. Disampaikan oleh Andi Palesangi  selakuPlt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Plt menjelaskan bahwa TPA Batuta sedang dalam tahap pengerjaan revitalisasi yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Andi Palesangi menjelaskan bahwa “TPA batota , dibagian belakangnya akan dibuatkan lobang lagi. Jadi sampah yang ada di TPA saat ini akan dirapikan kembali kemudian dipindahkan ke belakang,” ditambahkan Revitalisasi TPA tersebut baru bisa dilakukan, setelah pihakny baru mendapatkan kepastian dari Dinas pertanahan dan Penataan Ruang terkait tanah yang sudah dibebaskan oleh pemerintah di wilayah tersebut.

Dijelaskan bahwa“Karena kita juga baru dapat petanya dari Dinas Pertanahan terkait lahan TPA yang sudah dibebaskan oleh Pemerintah. Dulukan kita belum tau, karena yang kelolah TPA dulu masih di bawah DPU Kutim. Luas lahan kita di TPA kurang lebih ada sekitar 20 hektar yang sudah dibebaskan oleh Pemerintah.” ungkapnya

Sementara itu Kabid Pengelolaan Sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kutim Sugiyo mewakili kepala dinasnya, menambahkan, dengan dukungan administrasi surat-surat lahan yang aman bakal memuluskan sinergi program dengan Pemerintah Pusat. Artinya TPA Batuta bisa dikembangkan lebih baik dan Pemkab Kutim bisa meminta dukungan sinergi program lingkungan dan pengelolaan sampah kepada Pemerintah Pusat.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker