Advertorial

Terdapat 11.822 KK Data Kemiskinan di Kutim Yang Masuk Tahap Validasi dan Verifikasi Ulang

KUTAI TIMUR- Menurut data yang didapatkan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur terkait angka kemiskinan di Kab. Kutai Timur, dalam hal ini  Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mencatat ada sekitar 11.822 kepala keluarga (KK) dengan jumlah 55 ribu jiwa lebih se-Kutim.

Menurut Plt Sekretaris Dinsos Kutim, Budi Mulia mengatakan data tersebut telah diminta oleh pemerintah pusat maupun kabupaten.

“Data ini yang diminta untuk kemudian di validasi dan verifikasi ulang. Beberapa hari lalu saya lihat data validasi atau surveynya sudah bagus,” ucapnya.

Jika sebelumnya, tim menghitung berdasarkan per KK saja. Saat ini tim sudah mencatat berdasarkan KK dan perseorangan.Pendataan seperti ini dianggap efektif untuk kemudian hari untuk penyaluran bantuan sosial (Bansos) baik menggunakan APBD maupun APBN.

“Karena kalau berdasarkan KK, kita tidak tau. Misal mereka dalam satu KK ada yang sudah meninggal atau yang lainnya, tapi dapat Bansos juga,” ungkapnya.Untuk proses pencatatan, akan digunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Inilah yang sekaligus untuk memperbaiki administrasi kependudukannya.

Dari data DTKS, ada sekitar 1.600 yang NIK dan KK-nya perlu untuk diperbaiki. Survey ini juga menguntungkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).“Ini survei yang bagus, selain mendata angka kemiskinan juga sekaligus memperbaiki administrasi kependudukan dari masyarakat,”ucapnya.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker