Advertorial

Dipastikan Progres Sudah 60 Persen, RS Pratama Muara Bengkal Siapkan SDM

KUTAI TIMUR – Pada umumnya semua organisasi menghendaki SDM bermutu. SDM yang bermutu pada prinsipnya mempunyai kemampuan profesional dan teknikal tertentu yang kehadirannya pada semua lini pekerjaan akan melahirkan banyak keuntungan. Termasuk dalam Organisasi sebuah Rumah Sakit, yang tentu saja membutuhkan SDM yang mumpuni dalam mengelola dan menjalankan operasional Rumah Sakit.

Pembangunan Rumah Sakit yang di beri nama RS Pratama yang berada di Kecamatan Muara Bengkal, Kabupaten Kutai Timur bisa rampung pada akhir 2022 ini. Seperti yang di ungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim dr Bahrani Hasanal bahwa progres pembangunannya sudah mencapai 60 persen.

“Kita harapkan bisa rampung pada akhir tahun ini supaya bisa beroperasi pada awal tahun. Kita juga dapat bantuan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI,” ucapnya, Selasa (22/11/2022).Bantuan tersebut berupa alat kesehatan yang memang diperuntukkan RS Pratama di Muara Bengkal.

Kadis Kesehatan Kutai Timur Dr. Bahrani mengungkapkan saat ini pihaknya hanya menyiapkan dokter umum, spesialis maupun perawat saat mulai beroperasi.Ia juga mengaku telah berkoordinasi dengan bidang Ortal Sekkab Kutim untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) atau tenaga kesehatan.

Dalam organisasi rumah sakit upaya untuk menciptakan rumah sakit yang mempunyai citra baik (berkualitas) di mata pelanggannya sangat ditentukan oleh kualitas SDMterstandarisasi yang dimilikinya. SDM terstandarisasi berarti tenaga yang dimiliki oleh organisasi telah mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan bidang tugas yang dikerjakan baik dilihat dari tingkat pendidikan maupun pengalaman yang dimiliki SDM yang bersangkutan.

“Kita sudah hubungi kemarin untuk menyiapkan SDM nya, karena ini kan RS sudah mau jadi, sudah 60 persen, jangan nanti bangunan sudah jadi malah tidak ada tenaga kesehatannya,” ujarnya.Mantan Direktur RSUD Kudungga ini menuturkan paling tidak sembilan nakes yang diperlukan. Terdiri dari empat dokter spesialis dan satu dokter anastesi.

Ada Juga dokter penyakit dalam, dokter obgyn (obstetri dan ginekologi,) dokter anak, dan dokter bedah.“Tentu dengan pengalaman saat mendirikan RSUD Kudungga, termasuk RSUD Sangkulirang pada beberapa waktu, kita juga akan memperlakukan persiapan yang sama pula,” imbuhnya.Sehingga tidak akan menjadi persoalan berarti. Dalam menjalankan RS Pratama Muara Bengkal yang ditarget akan beroperasi pada akhir awal tahun 2023 mendatang.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker