Pemkab KutimSangatta

Siap Jadi Tuan Rumah Interntional Fishing Turnament, Kutim Rakor Bersama Bentuk Panitia

“Sejak hari ini, kita lakukan pertemuan untuk melakukan persiapan. Karena, setelah penutupan national fishing tahun lalu, peserta bertanya kapan dilaksanakan event serupa di Kutim,” tutur Bupati Ardiansyah saat memulai pertemuan tersebut.

Loading

Journalindonesia.id – SangattaPemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melaksanakan Rapat Koordinasi dengan pihak terkait dalam rangka pembentukan panitia pelaksanaan Internasional Fishing Turnamen. Rakor berlangsung di Ruang Arau, Kantor Bupati, Kamis (04/5/2023).

Sebagai kesiapan jadi tuan rumah penyelenggaraan even tersebut tahun ini, rakor pun dihadiri langsung Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang.

Selanjutnya, hadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutim Noviari Noor serta para Kepala Perangkat Daerah (PD) di Lingkungan Pemkab Kutim, Perwakilan Perusahaan, dan Sangatta Fishing Community.

“Sejak hari ini, kita lakukan pertemuan untuk melakukan persiapan. Karena, setelah penutupan national fishing tahun lalu, peserta bertanya kapan dilaksanakan event serupa di Kutim,” tutur Bupati Ardiansyah saat memulai pertemuan tersebut.

Lebih lanjut Ardiansyah menuturkan, peserta mengaku senang dengan kondisi perairan laut Kutim dengan biota yang ada didalamnya. Dan melalui Sangatta International Fishing Turnamen, Kutim mempuyai peluang besar untuk memberikan informasi kekayaan alam yang ada di Kabupaten Kutim.

“Oleh karenanya, sejak dini dipublikasikan dan informasikan. Melihat kondisi laut, pelaksanaannya nanti akan dilaksanaka pada bulan Oktober. Ada beberapa bulan lagi untuk bersiapan dan saya harap ini bisa terlaksanakn dengan baik dan sukses,” harap orang nomor satu di Kutim ini.

Kemudian, setelah panitia terbentuk agar segera melakukan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kaltim dalam hal ini, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kaltim.

“Kalau Provinsi memberikan dukungan, saya yakin kegiatan ini akan lebih semangat lagi di waktu yang akan datang. Dan yang tidak kalah penting, agar segera berkoordinasi dengan pihak pemerintah pusat dalam rangka persiapan kita, terkait aturan-aturan main, kalau kita kedatangan kapal-kapal atau peserta dari luar negeri,” pesannya.

Sekali lagi orang nomor satu di Kutim meminta kepada semua yang terlibat di kepanitaan event Sangatta International Fishing Turmanent, agar kegiatan akbar yang melibatkan pemancing nasional hingga mancanegara ini dapat dikemas dan dipersiapkan serta genjar dipublikasi kepada khalayak ramai.

D.itempat yang sama, Wakil Bupati Kasmidi Bulang menambahkan, berkaca dari event yang digelar sebelumnya, bahwa panitia harus ada di setiap kapal.

“Dengan tegas saya minta, yang menang tahun lalu jangan diikutkan lagi. Disamping semua kapal harus didampingi. Karena ini event internasional, membawa nama Sangatta, apabila ada kesalahan yang malu nanti Pemda,” tegas Kasmidi.

Selain itu aturan-aturan dalam turnamen tingkat internasional harus benar-benar dilaksanakan. Juga kelayakan kapal harus dicek.

“Kapal harus diverifikasi terlebih dahulu. Karena keselamatan menyangkut nama bangsa. Artinya kita saling mengingatkan jangan sampai kecolongan,” pungkasnya. (adv/dm3).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker