Advertorial

Angka Miskin Dipengaruhi Oleh Penghasilan Minim Dan Peluang Kerja

KUTAI TIMUR- Berbagai faktor yang menyebabkan meningkatnya angka kemiskinan di Indonesia. Faktor Penyebab kemiskinan tersebut sangat beragam . Kemiskinan sendiri adalah sebuah masalah global yang dihadapi oleh seluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Hal tersebut, termasuk dalam masalah kemanusiaan, dan dibutuhkan upaya yang sangat terintegrasi untuk mengatasinya. Kemiskinan merupakan persoalan klasik yang telah ada sejak sejak umat manusia ada. Rata-rata masyarakat miskin minim akses pada pekerjaan yang layak, biasanya berprofesi seperti pedagang berpenghasilan rendah, buruh industri, atau bekerja di sektor pertanian.

Plt Sekretaris Dinsos Kutim, Budi Mulia Mengatakan bahwa. “Pekerjaan yang mereka tidak begitu layak. Lalu, banyak diantaranya kelompok lansia tanpa atau minim penghasilan,” ucapnya.

Dijelaskan bahwa, Secara umum keluarga miskin ekstrem memiliki akses yang minim terhadap sanitasi, dan akses pada air minum yang bersih, serta tinggal di rumah yang sudah tidak layak huni. “Seperti kurang lantai, dindingnya jebol, sudah di tambal-tambal. Mayoritas balita pada masyarakat miskin belum mendapatkan imunisasi,” jelasnya.

Kita juga perlu tahu bahwa, bukan hanya dari makan dan pendapatan saja, tetapi dari beberapa hal yang sudah disebutkan. Sebab itulah hal yang paling di soroti saat penilaian kemiskinan. “Pendataan kan dilakukan tiap semester, lalu dilakukan Musdes. Jadi bisa saja keluarga yang semulanya masuk kategori miskin ekstrem keluar dari daftar itu,” terangnya. Peningkatan ekonomi bisa membuat masyarakat yang terdaftar sebagai masyarakat miskin keluar dari statusnya.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker