Advertorial

Kasus Covid Meningkat, BPBD Kutim Kordinasi Dengan Dinas Kesehatan Rumah Sakit

KUTAI TIMUR-  – Tren kasus positif Covid-19 di Indonesia masih meningkat hingga dalam tiga pekan terakhir. Pematuhan protokol mulai sangat longgar termasuk kegiatan berkumpul di publik juga telah dilakukan dan penggunaan masker yang semakin berkurang. Beberapa hal tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu pemicu terjadinya peningkatan kasus covid19. Peningkatan kasus covid19 juga terjadi di salah satu wilayah Kalimantan Timur  yaitu kabupaten Kutai Timur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur tetap melakukan koordinasi secara intensif dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit. Ia menegaskan, sejauh ini belum menentukan mekanisme baru dalam hal penanganan Covid-19.

Angka kasus Covid-19 di Kabupaten Kutai Timur secara berangsur-angsur sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Peningkatan kasus Covid-19 tertinggi di daerah tersebut terjadi pada tahun 2020-2021. “Kalau mekanisme baru tidak ada ya. Yang jelas kami tetap koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan juga Rumah Sakit untuk memantau sejauh mana perkembangan kasus Covid-19,” ucap Kepala Bidang Kedaruratan Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur, Naim.

Ia juga menyebut, sejauh ini di Kabupaten Kutai Timur juga masih ditemukan masyarakatnya yang terpapar Covid-19. Namun, mereka tidak melakukan isolasi di rumah sakit, melainkan hanya di rumah masing-masing dengan pengawasan dari tim medis. Meski begitu, pihaknya bersama Dinkes dan Rumah Sakit tetap menyiapkan strategi dan sarpras pendukung jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan kasus Covid-19. “Bagi masyarakat yang positif Covid-19 sudah tidak lagi melakukan isolasi di rumah sakit, tetapi cukup di rumah mereka masing-masing dengan pengawasan tim medis,” tuturnya.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker