Advertorial

Disnakertrans Harapkan Perusahaan Membangun Fasilitas BLK Guna Peningkatan SDM

KUTAI TIMUR- Pembangunan besar-besaran, untuk membangun fasilitas Balai Latihan Kerja (BLK) yang representatif guna Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) akan dilakukan oleh Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Timur (Kutim).  Kepala Disnakertrans Kutim, Sudirman Latif mengaku pembangunan dilakukan dengan harapan, untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang trampil dan mandiri, serta mampu bersaing dengan tenaga luar.

Dijelaskan bahwa “Dalam setahun ini, kami sudah mulai melakukan tugas fungi secara mandiri, dalam rangka membangun SDM. Dimana dengan dukungan pemerintah yang kuat, termasuk dari DPRD, kita terus melakukan pelatihan-pelatihan keterampilan bagi calon tenaga kerja kita sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja,” ucapnya.

Disnaker melalui BLKI akan melakukan Pelatihan dan berkolaborasi dengan perusahan swasta. Tapi, ia juga berharap, di perusahan-perusahan ada pelatihan sendiri. Sebab dirinya akui, Disnaker tidak bisa melakukan sendiri, tanpa bantuan pihak lainnya, terutama swasta.

Diharapkan bahwa Pembangunan SDM ini, akan lebih baik lagi, dengan akan dilakukannya pembangunan besar-besaran terhadap fasilitas BLK, yang representatif. Dengan fasilitas yang lebih baik, diharapkan pelatihan akan lebih baik lagi pula.Menurutnya, kunci dari dukungan pelatihan ini adalah kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk DPRD. Dimana kominikasi dengan DPRD telah membuahkan hasil, seperti kolaborasi melakukan sosialisasi Perda. Selain itu, ada dukungan DPRD untuk pendanaan pelatihan yang dilakukan, melalui aspirasi mereka.

“Dengan komunikasi yang baik sekarang ini, maka DPRD sudah ikut mendukung program pembangunan SDM, melalui aspirasi DPRD, untuk pelatihan-pelatihan keterampilan yang kami lakukan calon tenaga kerja kita,” terangnya. Kita harus berninsergi, dan memang tidak bisa jalan sendiri-sendiri, ucapnya.

Perlu di perjelas bahwa bukan hanya hubungan dengan DPRD, pemerintah, Sudirman juga mengakui, hubungan baik dengan Serikat pekerja, juga sangat penting. Sebab berbagai permasalahan ketenagakerjaan, bisa diselesaikan dengan baik, melalui komunikasi. (*)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker