Advertorial

DP3A Gelar Pelatihan Menjahit Demi Tingkatkan Perekonomian Kecil

KUTAI TIMUR – Peningkatan Sumber Daya Manusia, boleh jadi di dapat di asah melalui berbagai macam pelatihan, termasuk pelatihan menjahit.  Keterampilan menjahit adalah keterampilan yang mempelajari teknik membuat busana dan lenan rumahtangga mulai dari mendesain, menjahit, hingga melakukan penyelesaian. Keterampilan menjahit merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, karena berhubungan dengan kebutuhan manusia akan busana. /untuk itu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Timur menggelar kegiatan pelatihan keterampilan menjahit. Kegiatan tersebut dilaksanakan di BPU Kantor Camat Sangatta Utara.

dr Aisyah, selaku Kepala DPPPA Kutim, menjelaskan terkait tujuan di adakannya kegiatan pelatihan menjahit tidak lain  guna meningkatkan kapasitas para perempuan di Sangatta. Materi yang diberikan kepada peserta ialah keterampilan menjahit, mulai dari cara menggunakan alat menjahit hingga memanfaatkan kemampuan menjahit dengan mesin jahit.

Dijelasksan bahwa “Untuk kepentingan keluarga dan bisa menjadi nilai tambah buat perekonomian keluarga,”. Dan tentu saja harapannya para perempuan-perempuan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan ilmu, dengan harapan nantinya mereka bisa menciptakan usaha untuk keluarga mereka atau bisa jadi kedepannya menciptakan lapangan kerja.

Acara pelatihan menjahit ini, diiikuti oleh  40 orang dari 5 Kecamatan yang terdiri dari Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung dan Bengalon. Meski hanya 5 Kecamatan saja ia berharap melalui pelatihan tersebut peserta mampu meningkatkan kapasitas diri dan terus memiliki semangat berinovasi.

dijelaskan juga bahwa, pelatihan ini tidak berhenti di keterampilan menjahit saja tetapi pihaknya akan menjadikan kegiatan pelatihan peningkatan keterampilan diri menjadi kegiatan yang rutin. “Latihan ini menjadi agenda rutin di tahun berikutnya, juga bertambah dengan pelatihan make up dan potong rambut,”(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker