Advertorial

Seminar RT Plus Sebagai Upaya Pembangunan Daerah Di Gelar Oleh Balitbang Kutim

KUTAI TIMUR-  Balitbang Kutim ” Badan penelitian dan pengembangan Kabupaten Kutai Timur” menggelar Seminar dan Kajian Program Dana Pembangunan Rukun Tetangga Pembangunan Langsung Usaha (RT plus). Kegiatan berlangsung di lantai 2 gsg Bukit Pelangi. Kegiatan berlangsung pada hari Selasa (22/11/2022).

Kegiatan di buka oleh asisten Ekobang Kutim, Zubair mewakili Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Zubair. Zubair menjelaskan bahwa program dana RT Plus merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah dalam upaya percepatan pembangunan. “Dengan tujuan agar masyarakat di tingkat terbawah (RT) bisa merasakan kehadiran pemerintah. Dalam upaya percepatan pemerataan pembangunan di lingkungan masing-masing,” Jelasnya.

Pemberdayaan masyarakat, peningkatan ekonomi warga hingga lingkungan. Dirinya juga menambahkan menjadi target. Bila semua sudah tercapai, tidak memungkinkan dana RT plus senilai Rp 50 juta itu bisa digunakan untuk pembangunan fisik di setiap RT.

“Saat ini regulasi yang mengatur program tersebut sudah aman dan untuk cantolan peraturan di atasnya. Ada undang-undang, peraturan pemerintah, maupun dari Permendagri dan yang paling penting sudah dibuat aturan di tingkat lokalnya. Yaitu Perbup,” terangnya.

Dengan adanya kajian ini, akan menghasilkan naskah akademik sebagai salah satu dasar untuk mengeluarkan produk hukum oleh pemerintah daerah, salah satunya Perbup. “Sehingga produk hukum yang dikeluarkan oleh pemerintah bisa dipertanggungjawabkan.

sementara itu  Plt Sekretaris Balitbang Kutim Muhammad Yusuf Syah mengutarakan bahwa, dimana Balitbang mempunyai tugas melakukan pengembangan, penelitian serta inovasi berupa program kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah daerah. “Jadi produk hukum yang akan dikeluarkan oleh pemerintah daerah baik itu dari dinas ataupun badan harus melalui kami (Balitbang) untuk dikaji terlebih dahulu agar tidak ada permasalahan di kemudian hari,” Ujarnya.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker