Advertorial

Sukses Festival Sekrat Nusantara, Dinas Pariwisata Kutim, Agendakan Festival Dikecamatan Lainnya.

KUTAI TIMUR – Prospek ekonomi yang positif yang ditunjukan oleh sektor pariwisata membuat pemerintah berpacu untuk melakukan promosi wisata dengan berbagai cara. Cara-cara yang ditempuh tentu saja dengan tujuan untuk menumbuhkan minat para wisatawan baik masyarakat lokal sekitar objek wisata maupun dari luar wilayah.

Kabupaten Kutai Timur, merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi objek wisata yang beragam, salah satunya adalah wisata Pantai.

Pada Tanggal ( 17/11/2022) Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengadakan  festival Sekerat Nusantara sebagai agenda tahunan. Kepala Dispar Kutim, dr.Nurullah mengatakan pergelaran festival semacam ini diyakini dapat menaikkan minat wisatawan baik lokal maupun dari luar wilayah Kutai Timur.

Selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur, dr. Nurullah Optimis bahwa masyarakat pasti membutuhkan hiburan semacam ini, ini terlihat dengan banyaknya masyarakat sekitar yang berkunjung. Tentu saja ini merupakan hiburan tersendiri bagi mereka yang kenyataannya sudah lama tidak menikmati kegiatan semacam ini karena adanya virus covid19.

Dr. Nurullah mengungkapkan “Dua tahun pandemi Covid-19 melanda dunia, Selain itu perekonomian masyarakat bisa kembali bangkit, tidak hanya untuk masyarakat Kecamatan Bengalon, UMKM dari kecamatan luar juga boleh bergabung. Menurutnya, kolaborasi antara Dinas Pariwisata bersama Dinas Koperasi dan UMKM dapat dikatakan sukses, terlebih dua tahun sudah pandemi Covid-19 melanda.

Usaha rumahan juga dibantu sepenuhnya. Baik dari Pemkab Kutim maupun binaan perusahaan yang ada. Pantai Sekerat juga tak kalah indah dengan pantai lainnya di Kutim.

“Kita bisa saksikan langsung. Pantainya indah, banyak pendopo, harga makanan atau jajanannya terjangkau, wisatawan senang, UMKM lokal juga senang, jadi saling menguntungkan,” imbuhnya. Bisa dilihat dengan adanya penginapan di depan pantai hingga penjual makanan yang tersebar di pinggir pantai.

Dengan melihat keindahan dan keunikan ini, membuat Kadis dr. Nurullah akan berencana mengagendakan festival seperti ini tidak hanya di pantai tersebut. Namun juga di pantai lainnya, dan beberapa spot wisata yang ada di Kutai Timur. “Oleh karena itu, sebelumnya saya sudah tekankan dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk menggali lagi potensi wisata di tempat mereka,” Ujar Kepala Dinas Pariwisata. Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman juga berjanji akan mengundang Menteri Pariwisata yakni Sandiaga Uno langsung ke Kutim, tutupnya.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker