Advertorial

Objek Wisata Baru “ Pantai Teluk Lingga” Segera Launching Di Tahun 2023

KUTAI TIMUR – Sektor pariwisata daerah memiliki peranan penting sebagai salah satu sumber bagi penerimaan pendapatan suatu daerah, serta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, termasuk dalam mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan produktivitas suatu daerah. Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor strategis yang harus dimanfaatkan untuk pembangunan kepariwisataan sebagai bagian dari pembangunan daerah hingga Nasional.

Melalui Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur dr. Nurullah memberikan dukungan sepenuhnya atas Program Bupati Kutim Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M. Si dalam pengembangan sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Kutai Timur. Yang mana pengembangan sektor tersebut sedang di upayakan untuk dilakukan disemua Kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Kutai Timur.

Pemerintah Kutai Timur menyadari bahwa sektor pariwisata  berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan sebaliknya pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif terhadap periwisata.

Telah disebutkan di atas bahwa sektor pariwisata dapat menciptakan lapangan kerja, merangsang pertumbuhan industri pariwisata, oleh karena itu dapat memicu pertumbuhan ekonom kecil yang ada di daerah. Pariwisata berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi melalui berbagai jalur termasuk pendapatan sekaligus meningkatkan kesejahteraaan masyarakat yang ada di sekitar area wisata.

Dalam meningkatkan sektor wisata daerah, pemerintah Kab. Kutai Timur mengupayakan rencana perbaikan jalan Pantai Teluk Lingga. Berbeda dengan pantai lainnya, pantai ini baru saja di temukan dan rencananya akan segera di kenalkan kepada masyarakat.

Kepala  Dinas Pariwisata Kutai Timur menjelaskan bahwa “Kemarin pak bupati telah mencetuskan Pantai Teluk Lingga dalam acara pelatihan Pokdarwis yang kita selenggarakan beberapa waktu lalu,” ucapnya.Semulanya, Bupati Kutim ini hanya melintasi pantai tersebut melalui daratan, selama ini pantai tersebut tidak bernama, juga belum diminati. Sehingga tercetus ide untuk memberikan nama Pantai Teluk Lingga mengingat keberadaannya di Kelurahan Teluk Lingga.

“Bersama Dispar kala itu pak bupati langsung memberikan nama, karena menurut saya juga ini potensinya ada, baik wisata maupun perekonomian masyarakat,” Ujarnya.

Seperti yang sudah diketahui, Kutim tengah gencar-gencarnya mengekspos dan mempromosikan wisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokalnya. Menurut Nurullah, selain pantai tersebut masih banyak lagi potensi wisata yang belum digali. Saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Dinas terkait. “Kita sudah berkoordinasi dengan DPU Kutim terkait perbaikan jalan, dan menurut hasil rapat, DPU telah menganggarkan perbaikan akses masuk Pantai Teluk Lingga ini,” imbuhnya.

Meski belum dapat memastikan terkait perbaikan insfrastruktur tersebut, namun dr. Nurullah telah menyerahkan sepenuhnya pada DPU Kutim. Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kutai Timur.

Nurullah juga menyampaikan bahwa Bupati Kutim, telah menyampaikan objek wisata baru ini akan kita launching pada tahun 2023, dan harapannya akan menarik minat wisata pelancong dari luar daerah, oleha karenanya akan sangat menguntungkan. “Dari segi ekonomi perdagangan baik, pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) juga bagus, dan penataan parkir yang akan dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Timur.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker